LOGO BARU DUNIAKAMPUS

5 Contoh Laporan: Cara Membuat Saran

contoh saran makalah

Salah satu bagian penting sebuah makalah dan laporan adalah adanya saran di bagian akhir makalah. Berikut contoh saran makalah dan laporan yang pastinya akan diberikan cara dan tips membuat saran makalah yang baik dan benar serta tidak membosankan.

Apa itu Saran Makalah?

Saran dalam makalah merupakan sebuah pendapat atau anjuran mengenai sesuatu yang sengaja dibuat untuk menjadi pertimbangan orang lain atau pembaca setelah membaca sebuah makalah atau laporan.

Tujuan utama adanya saran ini adalah memberikan sebagian kecil kekurangan atau rekomendasi bagi pembaca mengenai suatu yang dibahas dalam makalah atau laporan.

Cara Membuat Saran Makalah yang Benar

Dalam membuat sebuah saran makalah, ada beberapa teknis yang sebaiknya diikuti dan dipahami supaya bisa menghasilkan saran yang bagus dan memang memiliki dampak yang jelas. Bukan hanya “sekadar” ditulis saja.

Perhatikan cara membuat saran berikut ini.

1. Singkat dan Jelas

Saran yang baik adalah singkat dan tidak banyak. Cukup ditulis maksimal 200 kata saja. Mengapa harus padat dan jelas? Semakin banyak saran, mendakan bahwa makalah atau laporan yang dibuat tidak baik dan bagus sehingga bisa jadi tidak layak untuk dibaca dan diambil informasinya.

2. Tambah Harapan

Tambahkan harapan sebagai penulis untuk pembaca makalah atau laporan. Misalnya, “penulis mengharapkan kritik dan saran terkait tulisan yang ada dalam laporan untuk perbaikan kedepannya”.

SOAL LPDP

Dengan begitu, pembaca merasa sangat dilibatkan dalam penulisan makalah dan merasa sangat diajak untuk perbaikan sebuah karya tulis.

3. Berikan Rekomendasi

Ketiga dan terakhir, berikan rekomendasi apa saja kekurangan dalam penelitan atau laporan makalah yang dibuat. Tujuanya, untuk membantu para pembaca bisa melanjutkan atau memperbaiki tulisan dalam makalah yang dibuat.

Contoh Saran Makalah

Berikut ini beberapa contoh saran dalam makalah atau laporan yang bisa dicontoh dan lakukan parafrase sesuai kebutuhan.

Contoh 1

Pada penelitian ini pasti ada kekurangan yang belum bisa peneliti selesaikan dan peneliti masukkan dalam batasan masalah. Oleh karena itu, untuk peneliti selanjutanya sebaiknya menggunakan metode lainnya yang lebih baru untuk bisa dikomparasikan dengan penelitian ini supaya memiliki validasi yang pasti dan dijadikan acuan yang jelas.

Contoh 2

Contoh saran untuk laporan praktikum

Dalam pengerjaan laporan ini, pastinya ada beberapa kesalahan tulisan atau kesalahan hitung yang tidak Kami sengaja. Sehingga apabila ada kesalahan, kami sangat membutuhkan feedback untuk melaporkan supaya kami perbaiki.

Contoh 3

Sebagai seorang manusia pasti tidak luput dari kesalahan. Apabila ada kritik dan saran terkait makalah yang kelompok kami buat, maka kami sangat menerima dan akan memperbaikinya.

Contoh 4

Saran Skripsi berupa rekomendasi

Saran penulis adalah untuk peneliti selanjutnya bisa menambahkan variasi logam CU dan Absorban dalam penelitian sehingga bisa mendeteksi lebih akurat hasil yang diperoleh.

Contoh 5

Sbeaiknya melakukan simulasi pembuatan produk sebelum pelakasanaan langsung, sehingga waktu lebih efisien dan efektif untuk praktikum.

Nah, itulah penjelasan mengenai contoh saran dan cara membuat saran yang baik dan benar untuk laporan, makalah ataupun skripsi. Semoga bermanfaat artikel yang Saya tulis ini.

Informasi lainnya, bisa kalian cek di Esai dan Artikel Ilmiah atau khusus untuk penelitian di Penelitian Mahasiswa.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait