LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Saran Makalah Yang Benar: Isi dan 5 Contoh Lengkap

Saran Makalah Yang Benar

Terdapat 5 ide-ide dan contoh saran makalah yang benar dalam menulis saran yang relevan dan bermanfaat dalam makalah penelitianmu. Semoga saja dengan membaca artikel ini, kalian bisa membuat saran-saran yang lebih kreatif lagi dan pastinya bisa berdampak baik.

Apa Isi Saran Makalah?

Saran makalah merupakan rekomendasi yang disusun oleh peneliti dengan tujuan untuk memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan ilmu pengetahuan berdasarkan konteks objek yang terkait yang ditulis dalam makalahnya.

Nah, saran ini tidak bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan penelitian atau makalah yang ditulis ya, tetapi bertujuan untuk memberikan panduan yang bernilai dalam konteks praktis dan mendekati objek penelitian.

Contoh Saran dalam Makalah tentang Kemiskinan:

  1. Meningkatkan keobjektifan dan variasi dalam penelitian dengan memodifikasi variabel-variabel independen dan menambah time series data.
  2. Menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan pemerintah daerah Kota Surakarta untuk mengurangi kemiskinan.
  3. Pemerintah perlu fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mengurangi jumlah penduduk miskin.
  4. Membuka lapangan pekerjaan untuk menyerap tenaga kerja, membantu masyarakat memenuhi kebutuhan hidup, dan mengurangi tingkat pengangguran.

Contoh Saran dalam Makalah tentang Komunikasi:

  1. Masyarakat rantau Asal Nagari Atar di Kota Bandung perlu menjaga komunikasi yang baik dan saling tolong-menolong.
  2. Iwatar Bandung sebaiknya memperbanyak kegiatan bersama untuk memperkuat interaksi antar sesama perantau dan melibatkan putra-putri asal Nagari Atar dalam kegiatan tersebut.
  3. Pemerintah Wali Nagari Ata Raga sebaiknya mengembangkan sektor pariwisata untuk menarik minat pengunjung dan memberikan dampak positif bagi Nagari Atar.

Contoh Saran dalam Makalah tentang Kaum Wanita:

  1. Melakukan penelitian lebih mendalam mengenai faktor-faktor kebutuhan kaum wanita terkait dengan kepuasan setelah mengakses media online.
  2. Mengembangkan ruang lingkup penelitian yang lebih luas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pemenuhan kepuasan kaum wanita.
  3. Memperbaiki teknik pengumpulan data untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Contoh Saran dalam Makalah tentang Pendidikan:

  1. Peningkatan pendayagunaan dan pengelolaan sarana prasarana pendidikan di sekolah, terutama di SMK, untuk mendukung proses pembelajaran.
  2. Melakukan penelitian yang lebih mendalam dan referensi yang lebih banyak terkait sarana prasarana pendidikan dan efektivitas proses pembelajaran.
  3. Memperbaiki persiapan dalam pengambilan dan pengumpulan data untuk penelitian yang lebih baik.

Contoh Saran dalam Makalah tentang Pengguna Jilbab:

  1. Produsen jilbab XYZ sebaiknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen dengan memperhatikan ekuitas merek dan kualitas produk.
  2. Para akademisi dan pembaca diharapkan memperluas penelitian dengan mempertimbangkan variabel lain yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, seperti lokasi, persepsi harga, dan promosi.
  3. Peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan penelitian ini sebagai sumber data dan rujukan untuk penelitian lebih lanjut yang lebih lengkap dan luas.

Semoga artikel di atas bermanfaat ya. Baca juga artikel terkait berikut ini “Pedoman: 8 Sistematika Penulisan Makalah & Penjelasan Bagian

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait