LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Gelar Sarjana Sistem Informasi & Prospek Kerjanya

Gelar Sarjana Sistem Informasi

Banyak yang bingung apa sebenarnya gelar sarjana sistem informasi itu? Sebab, masih banyak yang menyamakan jurusan ini dengan jurusan Teknik Informatika. Padahal, keduanya merupakan jurusan yang berbeda walaupun memang berada dalam fakultas yang sama di beberapa kampus di Indonesia.

Daripada bingung, simak penjelasan singkat berikut ini ya.

Apa Gelar Sarjana Sistem Informasi?

Jadi, mahasiswa yang lulus dari jurusan Sistem Informasi akan memperoleh gelar S.Si (Sarjana Sistem Informasi). Ada beberapa kampus juga yang memberikan gelar S.Kom (Sarjana Komputer) karena masih masuk dalam prodi.

Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

Dalam era digital seperti sekarang ini, permintaan untuk lulusan Sarjana Sistem Informasi semakin meningkat. Banyak perusahaan di berbagai sektor industri seperti keuangan, kesehatan, manufaktur, telekomunikasi, dan lain-lain membutuhkan tenaga ahli dalam bidang sistem informasi.

Jadi, bakal banyak banget mahasiswa yang ga nganggur nantinya setelah lulus. Apa saja sih yang bisa dikejar lulusan jurusan ini?

1. Analis Sistem

Tugasnya yang utama, yaitu menganalisis dan merancang sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Sistem ini yang merupakan pondasi kuat bagi infrastruktur sebuah ide yang dituangkan dalam bentuk aplikasi, program web, dan lain sebagainya. Pastinya, tujuan utamanya untuk membantu bisnis mendapatkan efektivitas waktu dan efisiensi biaya.

2. Pengembang Aplikasi

Peluang kedua, yaitu bisa sebagai app dan web developer, yang tugasnya meliputi merancang, mengembangkan, dan menguji aplikasi perangkat lunak.

SOAL LPDP

Walaupun demikian, banyak juga yang masuk di dunia desain, lho. Misalnya, UI dan UX designer, sebab faktor user melakukan pembelian juga dipengaruhi oleh tampilan dan alur yang jelas dalam sebuah aplikasi. Bukan hanya asal jadi.

3. Pengelola Basis Data (Data Base)

Tugas utama pengelola database, yaitu bertanggung jawab atas merancang, mengelola, dan memelihara basis data. Nah, database ini yang menjadi penyimpanan utama semua data dalam perusahaan yang bisa diambil dan ditampilkan sesuai keinginan.

Pengelolaan database yang kecil, mungkin masih mudah dan aman. Namun, mengelola jutaan data dalam database, merupakan kemampuan yang beda lagi. Apalagi terkait efisiensi juga.

4. Spesialis Keamanan TI

Siapa yang ingin melawan hacker? Hehe. Yaps, salah satu peluang kerja lulusan sistem informasi yaitu bisa sebagai cyber security, yang tugasnya bertanggung jawab atas melindungi sistem dan data dari serangan cyber.

5. Pengajar (Guru SMK/Dosen)

Mengajar di perguruan tinggi atau sekolah tentang sistem informasi dan teknologi. Selain itu, kadang di SMK juga ada jurusan TKJ, nah bisa banget nih masuk ke sana untuk bagian-bagian tertentunya.

Nah, itulah penjelasan mengenai gelar sarjana sistem informasi dan prospek kerja lulusan sistem informasi ini. Semoga pembahasan salah satu jurusan kuliah ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi yang mutakhir.

Mungkin kamu suka: 7 Alasan Memilih Jurusan Manajemen

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait