LOGO BARU DUNIAKAMPUS

7 Alasan Memilih Jurusan Manajemen, Jarang Dibahas

Alasan Memilih Jurusan Manajemen

Memilih jurusan merupakan salah satu bagian paling krusial untuk merencakan masa depan masing-masing orang. Nah, bagaimana dengan jurusan manajemen? Apakah bagus? Berikut alasan memilih jurusan manajemen yang perlu kamu baca sampai akhir.

Supaya apa sih?

Supaya tidak salah dalam menentukan jurusan dan kalian tidak rugi. Sebab, banyak banget alasan yang membuatmu bisa sangat cocok untuk memilih jurusan manajemen ini.

7 Alasan Memilih Jurusan Kuliah Manajemen

Oke, daripada banyak basa-basi, langsung saja Kat Ambis bahas satu per satu dan dibahas langsung poin pentingnya saja. Sebab, buat apa membahas dengan bertele-tele kan.

1. Jurusan Orang Elite

Yaps. Biasanya sih, orang-orang yang memiliki jiwa-jiwa bisnis, mandiri dan juga ekstrovert sangat menyukai dan cocok dengan hal-hal yang ada dalam kuliah manajemen. Apalagi, banyak orang yang sukses karena berkuliah di jurusan ini.

Loh mengapa?

Ya, sebabnya mereka memahami dan menerapkan betapa pentingnya peran manajemen. Belajar manajemen tidak cukup jika hanya membeli dan membaca buku saja, tetapi juga harus belajar dari praktisi secara langsung, ahli dan juga praktik (melalui magang). Tidak heran banyak orang sukses muncul dari jurusan manajemen ini.

SOAL LPDP

2. Karir Lebih Terjamin

Karir bagi lulusan manajemen ini lebih terjamin. Sebab, setiap perusahaan sampai dengan pemerintahan pasti membutuhkan keilmuan manajemen. Oleh karena itu, banyak lulusan manajemen yang masuk di BUMN atau PNS juga.

Selain itu, lowongan kerja sangat banyak sekali. Bagaimana tidak, manajemen merupakan poros paling penting bagi perusahaan. Hal yang perlu diperhatikan, pilihlah peminatan yang tepat ketika kuliah manajmen nantinya.

Coba kalian cari “lowongan kerja jurusan manajemen”, akan ada muncul sebagai berikut. Ada 5000+ lowongan. Begitu banyaknya lowongan kerja untuk jurusan yang satu ini.

5000 lowongan jurusan manajemen
Ilustrasi 5000 lowongan jurusan manajemen

3. Jurusan yang Diperebutkan Anak IPA

Walaupun manajemen merupakan kelompok sosial humaniora, tidak sedikit anak IPA SMA yang mendaftar dan loolos jurusan ini. Bahkan, bisa jadi 40% lebih siswa yang masuk di jurusan manajemen ini adalah anak IPA.

Jurusan elite dan persaingan ketat. Buat bisa lolos, ya usaha dengan maksimal.

4. Jadi Diri yang Disiplin

Namanya aja ajurusan manajemen, masa kita sendiri yang jadi mahasiswa manajemen ga bisa atur keteraturan diri sendiri sih?

Kalian sangat bisa dan berpotensi bisa menjadi pribadi yang lebih teratur, rapi, lebih supel dan disiplin. Hal inilah yang mendukung dirimu lebih produktif, mandiri dan menjadi pribadi yang dicari-cari orang.

5. Kreatif dan Inovatif

Banyak orang yang kreatif tetapi tidak inovatif. Jadi, hal yang paling penting adalah inovatif. Menjadi mahasiswa dan lulusan jurusan manajemen adalah mendorong diri untuk jadi inovatif dan membuat hal baru. Bukan hanya sekadar ATM (Amati Tiru dan Modifikas).

Contoh, pasti kalian akan mengenal JUST IN TIME, Lean Manufacturing, Lean Toyota dan sebagainya. Hal ini muncul bukan hanya kreatif, tetapi ada masalah yang harus diselesaikan dengan invovasi.

6. Berjiwa Kepemimpinan

Yaps. Bahkan ini berlaku juga ketika ada acara kampus yang lintas departemen/jurusan. Ketika pemilihan panitia, untuk acara dan ketua biasanya memang dipilih anak manajemen. Kenapa? kuliahnya santai. hehe

7. Cocok untuk yang Mudah Bergaul

Terakhir, buat kamu yang suka bergaul, punya bisnis, pengen mengelola karyawan sendiri, pengen jadi ketua organisasi, dsb. Jurusan ini sangat cocok untuk kalian.

Nah, itulah 7 alasan memilih jurusan manajemen yang memang kejadiannya seperti itu di dunia kerja dan aslinya. Bahkan nih, ada juga yang bilang kuliah di manajemen sangat santuy. Jadi nilai lebih nih, untuk bisa mengasah ilmu manajemen di dunia nyata seperti aktif kegiatan mahasiswa, organsiasi dan volunter. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Dapatkan informasi penting tentang jurusan kuliah yang lainnya pada Topik Jurusan Kuliah.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait
Mata Kuliah Jurusan Teknik Pangan

20 Daftar Mata Kuliah Jurusan Teknik Pangan

Kalau kalian mau ambil jurusan teknik pangan atau teknologi hasil pertanian (THP), bisa cek nih mata kuliah wajib yang sebaiknya kamu ketahui. Biar, kamu bisa maksimalkan selama kuliah.