LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Senat Mahasiswa: Pengertian & Tugas di Kampus

Senat Mahasiswa

Siapa sih yang tidak tau tentang senat? Iya senat mahasiswa bagaikan DPR kalau di sistem pemerintahan. Tugasnya apa saja? Banyak banget tugasnya ternyata. Hehe, jadi sebelum kamu gabung ke organisasi ini selama kuliah, silakan baca dahulu deh artikel ini sampai selesai.

Memang, SENAT MAHASISWA ini jarang dikenal oleh siswa yang baru masuk kuliah (MABA) sebab yang tersiar dimana-mana adalah tentang BEM Kampus. Apalagi kalau sudah tau ketua BEM (Presiden Mahasiswa), pasti semua langsung ingin jadi aktivis dan gabung di BEM.

Pahami dulu, siapa tau senat lebih worth it!

Apa itu Senat Mahasiswa?

Dilansir dari website Quipper, senat mahasiswa merupakan lembaga legislatif di tingkat universitas yang terdiri dari berbagai perwakilan mahasiswa dari setiap fakultas.

Oh iya, senat ini tidak hanya ada di tingkat kampus saja tetapi juga ada di tingkat fakultas. Dimana disitu ada BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), maka pasti ada SENAT. Sebab, SENAT inilah yang akan memantau dan mengawasi jalannya eksekutif menjalankan program kerja.

Organisasi ini merupakan wadah representasi bagi mahasiswa secara internal dan eksternal. Apabila BEM dan lembaga-lembaga lainnya bermasalah dan melanggar aturan, maka SENAT inilah yang akan melakukan pengawasan langsung.

Apa saja tugasnya?

Masih sama seperti sistem pemerintahan negara kita, SENAT ini bertindak sebagai DPR-nya kampus dan fakultas. Maka, secara teori ada 3 tugas utama senat mahasiswa, yaitu fungsi anggaran, fungsi legislasi dan fungsi pengawasan.

SOAL LPDP

Oke, kita bahas satu per satu saja biar mudah dipahami.

1. Fungsi Anggaran

Dalam fungsi ini, senat akan membagi anggaran yang akan didapatkan masing-masing lembaga yang ada di bawahnya dan yang perlu diawasi oleh senat. Sebagai contoh, perhatikan gambar di bawah ini saja.

fungsi anggaran senat mahasiswa
Ilustrasi fungsi anggaran SENAT. Foto: Dokumen Pribadi

Nah, tugas senat adalah membagi dana yang dikucurkan oleh pihak fakultas untuk kegiatan kemahasiswaan kepada masing-masing organisasi di bawahnya. Nantinya, di akhir kepengurusan ada rapat tahunan yang mempertanggungjawabkan masing-masing penggunaan dan keterserapan dana oleh masing-masing organisasi.

2. Fungsi Legislasi

Sesuai dengan fungsinya, fungsi legislasi ini adalah fungsi SENAT Mahasiswa untuk menerbitkan undang-undang yang mengatur organisasi di dalamnya, mulai dari peraturan tata tertib, report semester, advokasi bagi masing-masing organisasi dan bahkan kadang juga sebagai pengadilan.

3. Fungsi Pengawasan

Tugas terakhir senat, yaitu mengawasi setiap berjalannya organisasi yang ada di bawahnya, khususnya yang menggunakan dana dari kampus. Tujuannya, supaya dana yang diberikan berguna dan bermanfaat. Apabila tidak dimanfaatkan dengan baik, maka bisa saja SENAT ini akan mengurangi porsi dana untuk tahun selanjutnya.

Semua mekanisme inilah yang harus dilakukan oleh SENAT supaya organisasi bisa berusaha saling hidup dan berkompetisi menjadi yang terbaik dalam pengelolaan dana serta pemanfaatnya. Bisa jadi, acuan program kerja dana dari kampus menerapkan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Tri Dharma Mahasiswa, Memang Ada? Iniloh

Apa perbedaan SEMA dan BEM?

Senat Mahasiswa (SEMA) berbeda dengan BEM ya. Jadi, BEM ini merupakan eksekutor setiap program kerja seperti halnya presiden dan para menterinya menjalankan program jangka pendek, menengah dan panjang. Begitupun BEM, merekalah presiden dan para menteri di kampus (khususnya bagi mahasiswa).

SEMA merupakan organisasi yang fokusnya sebagai DPR. Jadi, tugasnya sesuai fungsinya yaitu pengawasan, legislasi dan anggaran seperti yang dijelaskan di bagian atas.

Nah, itu saja yang bisa Saya sampaikan singkat mengenai salah satu organisasi mahasiswa yang ada di Kampus.

Artikel Penting Lainnya

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait