DUNIAKAMPUS

3 Alasan Memilih Divisi Kesekretariatan Dan Tugasnya

Banyak pilihan divisi kepanitiaan atau organisasi, tapi ini penjelasan alasan memilih divisi kesekretariatan yang jarang dibahas. Nah, khusus hari ini, kita bahas sampai tuntas mengenai divisi yang satu ini dan menjadi pendamping khusus bagi ketua-ketua panitia dan organisasi.

Apa itu Divisi Kesekretariatan?

Sebelum jauh membahas alasan, kita mengenal dulu dari definisi. Takutnya, ada perbedaan arti karena beda penyebutan saja antar wilayah. Nah, secara umum, divisi kesekretariatan merupakan bagian dalam organisasi dan kepantiaan yang mengerjakan hal-hal terkait dengan dokumen, pencatatan dan pelaporan.

Tugas Divisi Kesekretariatan

Pada umumnya, divisi ini dikenal dengan sekretaris. Jadi, tugasnya antara lain sebagai berikut.

  • Menangani masalah kebutuhan surat keluar organisasi/kepanitiaan
  • Bertanggung jawab atas pengarsipan, surat menyurat dan dokumentasi administrasi lainnya
  • Mewujudkan rasa tanggung jawab untuk menciptakan sekret yang bersih, aman dan damai
  • Membuat proposal untuk kerjasama antar organisasi dan juga dalam organisasi
  • Serta pencatatan log book jika diperlukan

Alasan Memilih Divisi Kesekretariatan

Pada tahap wawancara, pasti akan ditanyakan mengapa memilih divisi ini sedangkan banyak divisi lain yang diminati lebih banyak? Nah, jika bingung menjawab pertanyaan wawancara divisi kesekretariatan yang seperti ini, silakan bisa membaca beberapa alasan ini.

1. Rajin dan Teliti

Alasan pertama, kalian harus rajin dan teliti sebab masalah sekretaris ini sangat redaksional dalam teks. Jadi, sebagai seorang sekretaris ya wajib tau bagaimana cara membuat dokumen yang sesuai dengan standar dan aturan serta melihat detail-detail yang harus konsisten dalam setiap pembuatannya.

Oleh karena itu, ketelitian dan rajin menajdi bahan pertama supaya kalian lolos dalam seleksi wawancara ini.

2. Menguasai Microsoft

Kedua, kalian jika ingin gabung memilih divisi kesekretariatan ini harus bisa menggunakan microsoft word, microsoft excel dan power point dengan baik dan benar. Sebab, banyak sekali LPJ, surat dan dokumen yang harus disusun dengan baik dan dilaporkan di atasan.

Selain itu, manajemen arsip juga penting. Nilai tambah zaman sekarang, yaitu menguasai Google Sheet dan Google Docs dengan baik. Sebab, sekarang ini semua serba online.

3. Sedia Setiap Saat

Yaps, kadang pembuatan MoU, Surat, Dokumen dan lainnya dibutuhkan secara mendadak. Sebagai seorang yang masuk dalam divisi ini, wajib banget untuk support tim supaya mendapatkan kerjasama yang baik dengan memberikan respon cepat terkait persyuratan. Jadi, yaaaa harus siap ya.

Nah, itulah penjelasan mengenai tugas dan alasan memilih divisi kesekretariatan yang siapa tau bisa membantu kalian lolos seleksi wawancara dan aktif dalam organisasi. Yuk, simak tips kuliah lainnya berikut ini.

Share Artikel ini
WhatsApp
Twitter
Telegram
Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe To Our Newsletter

Ingin dapat update informasi Tentang Skripsi, Tips Beasiswa, PKM dan PIMNAS dan Lainnya? Subscribe aja.

*Dengan memasukkan email Anda, Anda setuju untuk menerima email Duniakampus.com, termasuk email pemasaran, dan menyetujui Syarat & Ketentuan kami.